Cara Budidaya Tanaman Cabe Merah Untung Besar

Sebagai salah satu tanaman yang memiliki nilai ekonomis tinggi, cabe merah masih banyak dibudidayakan. Cabe memang sangat diharapkan sebagai bumbu dapur. Tak lengkap rasanya kalau kuliner tidak disertai cabe tersebut. Cabe merah itu sendiri mudah untuk dibudidayakan. Salah satu cara membudidayakan cabe merah tersebut ialah dengan teknik hidroponik. Budidaya tanaman hidroponik cabe merah akan menunjukkan keuntungan yang lebih besar.


Dalam menanam cabe merah dengan teknik hidroponik, ada banyak sekali metode yang mampu anda terapkan. Beberapa metode hidroponik tersebut yaitu sistem sumbu atau wick, NFT, fertigasi, dan masih banyak lagi lainnya. Anda mampu memilih salah satu metode tersebut untuk menghasilkan panen cabe merah yang lebih melimpah. Dengan panen melimpah tentu saja anda akan menerima banyak keuntungan. Untuk lebih jelasnya, anda simak saja cara budidaya tanaman hidroponik cabe merah berikut ini.

Tanaman Cabe Merah


Pada dasarnya, cara menanam hidroponik cabe merah ini sama menyerupai halnya budidaya hidroponik tomat ataupun hidroponik sayuran maupun buah lainnya. Meski pemula, anda mampu melaksanakan budidaya tanaman hidroponik cabe merah tersebut dengan mudah. Berikut ulasannya.

Penyemaian Bibit Cabe Merah


Sebelum anda mulai menanam cabe merah secara hidroponik, anda perlu untuk melaksanakan penyemaian bibit tanaman cabe merah tersebut. Anda siapkan biji cabe merah. Anda dapat membelinya di toko pertanian atau dapat memetiknya sendiri. Untuk cabe yang dipetik, potonglah terlebih dahulu menjadi tiga bagian.

Lalu ambil bab tengahnya saja serta ambilah bijinya. Setelah itu, anda siapkan gelas dan isilah dengan air hangat namun jangan terlalu panas. Anda isi air sampai 2/3 gelas saja. Haluskan 1 siung bawang merah serta masukkan dengan menggunakan air hangat tadi.

Masukan biji cabe yang telah anda siapkan. Kemudian rendam biji cabe kurang lebih selama satu malam supaya anda memperoleh biji cabe yang berkualitas bagus. Biji cabe yang indah merupakan biji yang karam di dasar wadah. Anda ambil biji cabe yang karam tersebut dan tunggu sampai sedikit kering.

Persiapan Alat dan Bahan


Alat dan materi yang perlu anda siapkan meliputi biji cabe yang telah disemaikan, wadah sebagai media tanam (bisa bejana bekas, kaleng bekas, polybag, atau pot bunga), sabut kelapa, serbuk gergaji, dan juga kerikil.

Penanaman Cabe Merah


Isi bab dasar wadah dengan menggunakan sabut kelapa terlebih dahulu. Lalu isi wadah menggunakan campuran dari sabut kelapa, sebuk gergaji, serta watu dengan perbandingan 1:1:1. Campur sampai rata. Isilah wadah tersebut dengan sabut kelapa lagi. Lalu masukan watu saja di bab paling atas. Hal ini berkhasiat untuk mengurangi penguapan pada tanaman hidroponik.

Biarkan wadah tersebut kurang lebih selama sehari semalam dengan meletakkan di kawasan yang teduh. Akan lebih baik kalau letakkan wadah tersebut di bawah pohon atau mampu juga di samping pagar hidup. Anda siram media tanam tersebut dengan menggunakan pupuk dasar yang sudah dicampur bersama air. Pupuk dasar yang digunakan tersebut ialah air pupuk kompos yang telah mengalami fermentasi.

Anda mampu memasukan jari anda ke media tanam untuk melaksanakan pengecekan apakah media sudah cukup lembap atau belum. Apabila jari anda lembap namun tidak meneteskan air, maka media tanam tersebut sudah cukup basah. Biarkan pot selama 3 jam. Baru setelah itu, anda masukkan bibit cabe merah ke dalam pot tersebut. Rawatlah sampai tiba waktu panen.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Cabe Merah Untung Besar"

Posting Komentar