Cara Budidaya Tanaman Hias Dalam Ruangan

Tanaman hias dapat anda tanam dengan mudah menggunakan teknik hidroponik. Bertanam hidroponik ini memang telah terpercaya dapat membudidayakan banyak sekali tanaman hias, baik indoor maupun outdoor. Tanaman hias hidroponik dalam ruangan itu sendiri terbilang agak sulit penanamannya dibandingkan tanaman hias hidroponik luar ruangan. Namun kalau anda telah berhasil budidayanya, anda akan dapat percantik ruangan dengan tanaman indoor tersebut.


Ada banyak tanaman hias dalam ruangan yang mampu anda budidayakan secara hidroponik. Adapun tanaman hias yang dimaksud tersebut antara lain sirih gading, garber daisy, peace lily, dan heart leaf philodendron. Cara membudidayakan tanaman hias dalam ruangan rumah tersebut cukup mudah dilakukan. Untuk anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidayanya, simak saja cara budidaya tanaman hias hidroponik dalam ruangan dibawah ini.

Budidaya Tanaman Hias Dalam Ruangan


Berikut ini ialah cara budidaya tanaman hias hidroponik dalam ruangan selengkapnya untuk anda.

Persiapan


Sebelum melaksanakan penanaman tanaman hias dalam ruangan secara hidroponik, ada baiknya anda menyiapkan alat dan materi yang diharapkan terlebih dahulu. Adapun alat dan materi yang perlu anda siapkan tersebut antara lain media tanam, nutrisi hidroponik khusus tanaman hias dalam ruangan, alat pelubang gelas plastik (gunting, paku, atau yang lainnya), tatakan gelas, dan yang terakhir tentunya bibit tanaman hias dalam ruangan yang akan ditanam. Media tanam yang mampu anda gunakan nantinya yaitu mampu pelet tanah liat, gelas plastik bekas, atau mampu juga media tanam yang lain.

Penananam


Setelah semua alat dan materi anda siapkan, selanjutnya anda lakukan penanaman. Namun sebelumnya, gelas plastik bekas yang akan anda gunakan untuk tanam tanaman hias dalam ruangan secara hidroponik harus dilubangi bab dasarnya. Anda mampu melakukannya dengan menggunakan paku atau alat yang lainnya. Caranya cukup mudah. Anda buat dua lubang yang sejajar. Lubang tersebut anda buat dengan diameter masing-masing lubang kurang lebih sekitar 0,5 cm dan jarak antarlubang tersebut sekitar 5 cm.

Tak hanya bab dasarnya saja, anda juga perlu buat lubang yang memiliki diameter sama dengan lingkar gelas tanam. Jika lubang telah selesai anda buat, selanjutnya anda masukkan media tanam berupa pelet tanah liat ke dalam gelas tanam yang sudah anda lubangi tadi dengan ukuran hingga setinggi lubang yang dibuat melingkari gelas tanam. Setelah tahap tersebut, anda tanam bibit tanaman hias dalam ruangan dalam gelas. Tanam bibit tersebut dengan posisi tegak.

Setelah ditanam, anda timbun kembali dengan media tanam pelet tanah liat hingga seluruh bab akar tanaman hias dalam ruangan tersebut tertutup. Selanjutnya, anda tempatkan gelas tanam tanaman hias dalam ruangan tersebut di atas tatakan gelas. Kemudian anda beri air yang sudah dicampur dengan nutrisi hidroponik khusus tanaman hias dalam ruangan ke dalam gelas tanam tersebut. Anda letakkan pada daerah yang teduh serta hindari dari sinar matahari secara eksklusif hingga beberapa hari semoga tanaman hias dalam ruangan dapat beradaptasi.

Perawatan


Setelah anda berhasil melaksanakan proses penanaman, kini anda lanjutkan ke tahap perawatan. Lakukan perawatan pada tanaman hias dalam ruangan hidroponik tersebut dengan cara memeriksa larutan nutrisi yang ada di gelas tanam tanaman hias dalam ruangan secara rutin. Jika larutan sudah mulai berkurang, segera anda beri larutan nutrisi kembali. Pada dasarnya, cara merawat tanaman hias dalam ruangan hidroponik ini terbilang mudah dilakukan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Budidaya Tanaman Hias Dalam Ruangan"

Posting Komentar