Cara Mudah Budidaya Tanaman Wheat Grass

Wheat grass atau rumput gandum merupakan tanaman gandum dari family Poaceae. Tanaman yang termasuk rumput-rumputan ini kaya akan aneka macam kandungan nutrisi yang sangat baik bagi kesehatan. Tanaman wheat grass ini mampu diolah menjadi minuman kesehatan yang sangat berkhasiat. Tak heran kalau banyak orang ingin membudidayakan tanaman wheat grass ini. Dalam budidayanya, anda mampu menanam wheat grass dengan teknik hidroponik. Cara menanam tanaman hidroponik wheat grass ini mudah dilakukan.


Tanaman ini mengandung vitamin A, vitamin C, vitamin K, vitamin E, thiamin, riboflavin, asam pantothenic, zat besi, zat seng, copper, niacin, vitamin B6, mangan, selenium, dan juga protein. Melihat kandungan nutrisi yang baik tersebut, maka tidak ada salahnya kalau anda melaksanakan budidayanya tanaman hidroponik wheat grass tersebut. Dengan menanam wheat grass secara hidroponik ini, anda juga akan menerima banyak keuntungan dan kemudahan.

Cara Menanam Tanaman Wheat Grass


Budidaya tanaman wheat grass secara hidroponik ini merupakan salah satu cara mengembang biakan rumput gandum. Berikut ini ialah cara mudah menanam tanaman hidroponik wheat grass selengkapnya untuk anda.

Persiapan


Alat dan materi yang perlu anda siapkan meliputi wadah media semai menyerupai tray semai, benih wheatgrass, koran atau kain sebagai penutup wadah media semai, media tanam hidroponik mampu menggunakan rockwool, dan air untuk menyiram media tanamnya. Setelah semua alat dan materi siap, anda tempatkan media tanam berupa pasir atau mampu juga menggunakan cuilan rockwool pada wadah media semai. Apabila menggunakan rockwool, bab atasnya anda lapisi dulu dengan cocopeat atau sekam.

Penyemaian


Langkah selanjutnya ialah tahap penyemaian. Anda semai benih wheat grass yang telah anda siapkan tadi. Tebar benih wheat grass pada media semai dengan jarak berdekatan. Sebar secara merata supaya wheat grass dapat tumbuh di seluruh permukaan media tanam. Sebelum disemai, benih wheat grass tidak perlu anda rendam dalam air terlebih dahulu alasannya mampu membuat benih menjadi rusak. Dikhawatirkan wheat grass akan menjadi anyir dan bahkan mati.

Perawatan


Anda siram benih yang telah ditebar di media tanam tadi dengan air secara rutin dua kali dalam sehari. Pastikan bahwa media menjadi lembap namun jangan hingga menggenang dan justru membuat benih mengapung. Berikan air secukupnya saja dan tidak berlebihan. Tutup wadah benih hingga 3 hari lamanya menggunakan kertas koran. Kemudian simpan wadah benih tersebut di daerah yang terlindung dari cahaya. Simpanlah di daerah yang teduh.

Di hari keempat, tutup koran tersebut sudah mampu anda buka. Benih wheat grass yang anda tanam tersebut harusnya sudah berkembang menjadi bibit wheat grass kecil. Apabila terjadi kesalahan dikala penyemaian benih wheat grass akan lebih lama menjadi berkecambah. Setelah tutupya anda buka, maka biarkan wadah tanamnya tetap terbuka namun jangan eksklusif ditempatkan pada daerah dengan intensitas cahaya cukup tinggi menyerupai halnya di luar ruangan.

Anda biarkan bibit wheat grass tersebut tumbuh kian membesar dan cukup tinggi sekitar 4-7 hari sesudah wadahnya dibuka. Tanaman wheat grass yang telah tumbuh cukup tinggi setelah seminggu lebih disemai dapat anda potong dan diolah sesuai dengan keinginan. Anda mampu buat wheat grass menjadi jus yang menyehatkan tubuh. Budidaya tanaman wheat grass secara hidroponik ini dapat dikatakan mudah ditanam, bahkan untuk pemula sekalipun. Alat dan materi yang diharapkan pun mudah didapatkan.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Cara Mudah Budidaya Tanaman Wheat Grass"

Posting Komentar