Tips Mudah Cara Bertanam Untuk Pemula

Cara Bertanam Hidroponik 

Memiliki taman di rumah merupakan hal yang menyenangkan. Tapi, bagaimana kalau Anda tidak memiliki lahan yang cukup untuk membuat taman? Jangan khawatir alasannya ada cara yang mudah yaitu menggunakan cara bertanam hidroponik. merupakan cara bercocok tanam menggunakan media selain tanah. Media yang digunakan mampu berupa cocopeat, sekam bakar, kerikil, pasir atau yang lain. Sedangkan untuk cara tanam hidroponik mampu dilakukan di lahan yang kecil sekalipun menggunakan pot, baskom bekas atau botol bekas.
cara bertanam hidroponik untuk pemula

Bertanam hidroponik sangat cocok untuk tempat perkotaan, alasannya minimnya lahan untuk berkebun. Manfaat dari konsep tanam ini yakni ramah lingkungan dan hemat tempat. Jenis tanaman yang cocok untuk hidroponik yakni jenis sayuran menyerupai seledri, sawi, kol atau kangkung. Bahkan mampu juga untuk menanam umbi-umbian menyerupai wortel, ubi manis ataupun kentang. Kemudahan cara bercocok tanam hidroponik juga harus diperhatikan dari segi perawatannya. Perhatikan pupuk yang digunakan, nutrisi dan media tanam hidroponik. Anda harus memastikan media yang digunakan terjaga porosnya sehingga tanaman mampu menyerap nutrisi.

Langkah Bercocok Tanam Hidroponik

1. Menyemai benih

Langkah pertama yang harus dilakukan untuk cara bertanam hidroponik yakni menyemai benih. Anda mampu memilih benih sesuai kebutuhan dan keinginan. Langkah pertama akan sangat menentukan hasil dari tanaman hidropinik Anda. Cara semai benih yakni menggunakan wadah semai yang berbentuk menyerupai plastik yang biasa disebut rockwool. Media semai ini sangat mudah digunakan dan menyerap air serta anti bakteri. Jika benih sudah cukup umur, mampu dipindahkan ke media tanam hidroponik.

2. Membuat media tanam

Langkah berikutnya yang harus dilakukan yakni menyiapkan media tanam hidroponik. Anda mampu memilih media dan wadah yang akan digunakan, menyerupai botol bekas atau baskom bekas. Yang paling penting untuk diperhatikan yakni poros pada media tanam supaya tanaman mudah menyerap nutrisi. Jangan lupa beri poros dengan cara memberi lubang pada wadah tanaman. Anda mampu melubangi dengan soldier atau paku. Pilih juga media tanam selain tanah yang sesuai dengan selera ada, media tanam hidroponik mampu berupa pasir, kerikil, cocopeat, hidroton dan sekam. Gunakan media tanam sesuai dengan jenis tanaman hidroponik dan fase pertumbuhannya.

3. Nutrisi dan Perawatan

Pemberian nutrisi pada tanaman sangat penting untuk pertumbuhan tanaman. Ada cara yang mampu digunakan untuk derma nutrisi. Ada mampu memupuk tanaman hidroponik dua ahad sekali. Menyiram tanaman setiap pagi dan sore hari secara rutin juga mampu menjaga pertumbuhan tanaman Anda. Agar tidak ingin repot, anda mampu menggunakan sistem penyiraman wick dengan sumbu. Untuk perawatan mampu dilakukan secara konvensional. Ada harus rajin membersihkan tanaman hidroponik dari hama dengan menyemprot dengan obat anti hama.Untuk memudahkan, gunakan saja pupuk atau nutrisi hidroponik yang banyak dijual. Anda mampu membeli secara online dan sudah tersedia untk beraga jenis tanaman tertentu.

Itulah langkah untuk bertanam hidroponik yang lazim digunakan. Metode hidroponik sudah bermetamorfosis lebih canggih namun Anda mampu memulai dari cara yang sederhana. Anda mampu praktekkan dengan mudah, bahkan perlengkapannya pun mudah didapat. Perlu diketahui bahwa cara membuat hidroponik juga mampu dengan media air. Waspada dengan cahaya matahari dan suhu lingkungan untuk taman hidroponik. Selain menggunakan media yang mudah didapat, cara membuat tanaman hidroponik juga mampu digantung ditembok.

Menanam tanaman hias menyerupai bunga di tembok rumah mampu menjadi hiasan unik sekaligus menunjukkan kesan alam. Hal ini akan memudahkan anda yang tidak memiliki lahan. Keuntungan lain yang mampu didapat yaitu Anda mampu menikmati hasil sayuran atau buah-buahan sehat tanpa pestisida. Apakah anda tertarik dengan cara beratanam hidroponik? Tidak ada salahnya untuk mencoba dan meningkatkan wangsit kreatif Anda.



Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Tips Mudah Cara Bertanam Untuk Pemula"

Posting Komentar