5 Jenis Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi

Ada banyak keuntungan yang bisa anda ambil dikala bertanam dengan cara hidroponik. Selain dapat memanfaatkan lahan terbatas, anda juga akan memanen tanaman hidroponik tersebut lebih awal. Dengan masa panen yang lebih cepat ini tentu saja sangat menguntungkan anda. Terlebih lagi kalau yang anda tanam tersebut merupakan tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi. Apabila anda benar dalam bertanam hidroponik tersebut tentunya anda akan untung berlipat ganda.


Tanaman hidroponik yang memiliki nilai ekonomis tinggi ini meliputi aneka macam jenis sayuran, buah, dan bahkan tanaman hias. Akan menjadi ladang bisnis yang sangat menguntungkan kalau anda berhasil mengelola tanaman mahal cepat panen tersebut. Adapun cara bertanam hidroponik tanaman bernilai ekonomis tinggi ini sama menyerupai halnya bertanam hidroponik tanaman lainnya. Sedangkan kalau anda ingin mengetahui apa saja tanaman hidroponik yang memiliki nilai jual tinggi tersebut, pribadi saja simak tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi berikut ini.

Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi


Dibawah ini yaitu beberapa tanaman hidroponik bernilai ekonomis tinggi yang perlu untuk anda ketahui.

1. Melon


Melon yaitu salah satu tanaman buah bernilai ekonomi tinggi yang bisa anda tanam secara hidroponik. Proses menanam melon secara hidroponik ini dimulai dengan memilih bibit yang unggul. Setelah itu, anda lakukan pembibitan, penyemaian, dan penanaman. Setelah proses penanaman selesai, anda lanjutkan dengan proses pertolongan larutan nutrisi serta perawatan hingga buah melon iap dipanen.

2. Anggur


Anda dapat menanam buah anggur secara hidroponik di pot (tabulampot). Dalam menanam buah anggur secara hidroponik ini, ada beberapa hal yang perlu anda perhatikan. Beberapa hal tersebut ialah kawasan yang kering (25-31 derajat celcius), kelembaban udara 40-60 persen, dan intensitas matahari penuh di sepanjang hari. Tanaman buah anggur ini dapat tumbuh di kawasan yang mencapai ketinggian 1-800 mdpl. Fase panen buah ini akan terjadi setelah 90-100 hari semenjak pembungaan. Adapun tanda-tanda buah anggur siap panen ialah warnanya telah merata serta butirannya yang mudah lepas.

3. Paprika


Jika anda memperlihatkan perawatan intensif dikala melaksanakan budidaya paprika secara hidroponik, anda akan menerima hasil pertanian 2,5 kg buah per tanaman. Hasil ini lebih banyak dibandingkan menanam paprika di tanah yang hanya bisa menghasilkan 1 kg buah per tanaman. Salah satu perawatan intensif yang bisa anda lakukan semoga menerima hasil yang memuaskan tersebut ialah memperhatikan konsentrasi nutrisi hidroponiknya.

4. Timun Jepang


Timun Jepang merupakan salah satu jenis sayuran yang sulit untuk didapatkan. Jenis sayuran ini hanya bisa anda temukan di supermarket kota-kota besar. Sayuran berbentuk panjang berwarna hijau ini juga bisa anda tanam secara hidroponik. Adapun proses menanamnya sama menyerupai halnya menanam tanaman hidroponik lainnya. Untuk nutrisinya, anda bisa menggunakan larutan nutrisi hidroponik buatan sendiri dengan memanfaatkan materi organik di sekitar anda atau bisa juga mencampurkan pupuk organik yang telah siap pakai.

5. Tomat


Menanam tomat dengan cara hidroponik sangat mudah untuk dilakukan. Untuk memulai menanam tomat secara hidroponik ini, anda harus memilih bibit tomat yang berkualitas baik. Bibit tomat ini bisa anda beli di toko pertanian terdekat anda. Dengan menggunakan bibit tomat unggulan tentu saja memudahkan anda untuk menerima hasil panen yang memuaskan. Langkah selanjutnya ialah penyemaian. Anda semai benih tomat tersebut. Gunakan media tanam menyerupai halnya serbuk sabut kelapa dan jangan lupa berikan perawatan secara rutin hingga berumur hampir satu bulan. Saat itulah tomat telah siap ditanam.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "5 Jenis Tanaman Bernilai Ekonomis Tinggi"

Posting Komentar