Budidaya Tanaman Hias yang Mudah Dilakukan

Teknik hidroponik banyak dipilih masyarakat yang memiliki lahan terbatas. Pasalnya, teknik hidroponik ini dapat dibuat secara bertingkat sehingga tidak membutuhkan banyak lahan. Anda dapat menggunakan teknik hidroponik ini untuk menanam aneka macam sayuran dan juga buah. Tak hanya itu saja, hidroponik juga sering digunakan untuk menanam tanaman hias. Budidaya tanaman hias hidroponik ini mudah untuk dilakukan. Bahan dan peralatan yang diharapkan pun mudah ditemukan.

Cara menanam bunga hidroponik dapat anda lakukan di halaman depan, samping, maupun belakang rumah anda. Mengingat tak memerlukan lahan yang luas, anda dapat menanam hidroponik di lahan manapun. Dibutuhkan ketelatenan kalau anda ingin melaksanakan budidaya tanaman hias dengan teknik hidroponik tersebut. Bagi anda yang ingin mengetahui bagaimana cara budidaya tersebut, simak saja budidaya tanaman hias hidroponik pada ulasan berikut ini.

Budidaya Tanaman Hias Hidroponik


Berikut ini ialah budidaya tanaman hias hidroponik selengkapnya untuk anda.

  • Persiapan

Anda mulai budidaya tanaman hias secara hidroponik dengan menyiapkan media tanam serta tanaman hiasnya. Media tanam yang diharapkan yakni pot plastik, kerikil kecil-kecil, dan juga arang. Pemakaian pot plastik ini bertujuan biar pot tidak berkarat. Selain itu, anda juga perlu menyiapkan nutrisi tanaman hias yang berupa nutrisi AB mix.

  • Penanaman

Langkah selanjutnya ialah proses menanam tanaman hias pada media tanam yang telah disiapkan. Caranya, anda posisikan tanaman hias pada pot plastik. Lalu susun kerikil kecil-kecil serta arang untuk menjaga tanaman hias tersebut biar tidak roboh. Setelah itu, siram larutan nutrisi yang terdiri dari campuran nutrisi A dan B pada pot plastik. Anda harus memastikan bahwa larutan nutrisi tersebut mencapai ketinggian sampai 4/5 tinggi pot.

  • Perawatan

Setelah semua langkah anda lakukan, kini anda hanya perlu melaksanakan perawatan. Dalam perawatannya, anda hanya perlu mengganti larutan nutrisi tersebut 1 bulan sekali. Selain itu, anda harus mengawasi pertumbuhan gulma (lumut, rumput) yang mampu mengganggu pertumbuhan tanaman hias.

Jenis Tanaman Bunga Hidroponik


  • Anggrek

Anggrek termasuk jenis tanaman hias bunga yang mampu ditanam dengan teknik hidroponik. Caranya, anda hanya perlu memindah anggrek pada media hidroponik dalam pot agregat yang berpori. Namun sebelumnya, pot agregat tersebut harus telah diisi dengan larutan nutrisi khusus anggrek.

  • Suplir (Adiantum)

Suplir termasuk jenis tanaman hias daun yang mampu dikembangkan melalui teknik hidroponik. Lahan terbaik untuk menanamnya ialah lahan yang memiliki sifat basah. Jika ditanam di lahan lembap tersebut, suplir mampu tumbuh dengan subur. Anda dapat meletakkan suplir di dalam ruang sebab ia tidak terlalu membutuhkan sinar matahari. Jangan lupa untuk menawarkan larutan hidroponik pada wadah atau pot tanaman hias suplir tersebut.

  • Keladi Red Star

Jenis tanaman hias daun ini mampu dibudidayakan secara hidroponik. Keladi Red Star membutuhkan sinar matahari yang cukup sehingga anda harus menempatkannya di luar ruangan dikala bertanam hidroponik. Jika anda meletakkannya di dalam ruang, warna daunnya dapat menjelma pucat dan kusam.

  • Aglaonema (Sri Rejeki)

Aglaonema merupakan jenis tanaman hias daun yang mampu anda tanam dengan teknik hidroponik. Saat menanam Aglaonema secara hidroponik, anda harus meletakkannya di luar ruangan biar menerima pasokan sinar matahari dan udara yang cukup. Teknik perawatan dan pemeliharaan Aglaonema terbilang sulit. Apabila larutan nutrisi dan kandungan air pada medianya berlebihan, Aglaonema mudah anyir dan menjadi layu sampai jadinya mati.

Subscribe to receive free email updates:

0 Response to "Budidaya Tanaman Hias yang Mudah Dilakukan"

Posting Komentar